Pages

Senin, 04 Agustus 2014

[TUTORIAL] [ROOT] [ODEX/DEODEX] [CWM FLASHABLE] Install Walkman + Color Extraction Feature + Widget

UPDATE: Kabar gembira buat kita semua, kini telah tersedia cara yang lebih gampang via cwm, silahkan langsung menuju ke bagian bawah doc ini (diatas frequently asked question). Kecuali agan belum pasang cwm, silahkan ikuti cara manual.


-----------------------------------------------------------------------------------------
Sesuai janji ane tadi sore sekarang ane bagiin tutorial pasang walkman berikut plus-plusnya biar Max C2 kesayangan kita makin kece. Untuk SS-nya bisa dilihat disini:

https://www.facebook.com/groups/478528022273816/permalink/517647528361865/

Gimana gan? suka? kalau suka kita lanjut.

Syarat yang paling utama adalah C2 agan harus sudah punya akses ROOT. Cara root gak akan ane jelasin disini, kalau C2 agan belum di root dan mau pakai tutorial ini silahkan di root terlebih dahulu (lihat caranya di doc).

Tutorial ini udah ane pake dan 100% work di C2 ane dengan Stock ROM odex base firmware E952.6.05.05 versi TF (non-ori), tapi semua files yang akan agan pasang nanti adalah deodex jadi seharusnya tutorial ini juga akan work di Stock ROM deodex.

Ane tidak menjamin penggunaan di ROM selain yang ane sebutin diatas (ex: cusrom Xperia Wannabe, Pure2, dll.) akan berhasil, lebih tepatnya ane ngga tahu karena ane belum pernah pake cusrom itu.

Sekali lagi sebelum kita mulai ane harapkan tekankan untuk teliti mengikuti langkah demi langkah. Kalau teliti dan sesuai urutan pasti berhasil. Dan yang paling penting adalah DO WITH YOUR OWN RISK! Ane ngga bertanggung jawab jika terjadi brick/bootloop dll karena tidak mengikuti aturan permainan secara benar.

Ane anggap semua udah paham tentang cara push file ke direktori root dan juga cara ganti permission. Oke langsung aja

Bahan-bahan:

Root Explorer
https://www.dropbox.com/s/ojwv8hl9kd01zuj/RootEx.apk

Launcher Xperia Home
https://www.dropbox.com/s/pu330cc3ztxjxzb/Home.apk

Walkman terbaru
https://www.dropbox.com/s/xymsf5bk8v53yio/SemcMusic.apk

ColorExtraction.zip
https://www.dropbox.com/s/d2i3t1uvw05gy05/ColorExtraction.zip

Widget & Frameworknya
https://www.dropbox.com/s/g41lwjc2r8h3416/WidgetFW.zip

- Kesabaran & ketelitian
- Keimanan & Kegantengan (opsional)
- Kopi atau minuman lainnya sebagai teman kerja

Download semua bahan-bahan diatas, simpan dalam satu folder biar gampang dicari terus copy foldernya ke SDCARD.


Langkah I (level-easy):

1. Install Root Explorer (RootEx.apk) seperti aplikasi biasa, jika sudah punya langsung aja loncat ke langkah #2

2. Install Launcher Xperia Home (Home.apk) seperti aplikasi biasa dan tetapkn sebagai launcher default (always)

3. Install Walkman (SemcMusic.apk) seperti aplikasi biasa, jika sudah punya lebih baik clear data + uninstall dulu versi sebelumnya baru kemudian install walkman yang ane sediain, untuk menjamin keberhasilan 100%

4. Reboot


Langkah II (level-advanced):

Untuk langkah-langkah selanjutnya agan harus sudah paham penggunaan Root Explorer, cara push file ke direktori root, dan ganti permission. Bagi yang belum ngerti bisa minta bantuan temennya yang ngerti.

1. Jalankan Root Explorer, buka folder tempat agan nyimpen bahan-bahan yang di download tadi

2. Ekstrak ColorExtraction.zip, isinya ada 2 file:
+ com.sonyericsson.colorextraction_impl.jar
+ com.sonyericsson.colorextraction.xml

3. Push/copy com.sonyericsson.colorextraction_impl.jar ke "system/framework/" set permission jadi rw-r--r--

4. Push/copy com.sonyericsson.colorextraction.xml ke "ETC/Permissions/" set permission jadi rw-r--r--

Sampai disini agan sudah sudah berhasil menanamkan fitur bunglon ke Walkman meskipun belum aktif. Tarik nafas dulu, kopi atau minuman lainnya yang udah agan siapin tadi silahkan diminum dulu sebelum kita lanjut lagi. Hehe.

Langkah 5 dan selanjutnya adalah untuk melengkapi walkman agan dengan widget biar makin kece. Kalau dirasa tidak perlu silahkan langsung lompat ke langkah #9

5. Di Root Explorer, balik lagi ke folder bahan-bahan donlotan

6. Ekstrak WidgetFW.zip, isinya 2 file
+ MusicWidget.apk
+ com.sonyericsson.privateapis_impl.jar

7. Push/copy MusicWidget.apk ke "system/APP/" set permission jadi rw-r--r--

8. Push/copy com.sonyericsson.privateapis_impl.jar ke "system/framework/" set permission jadi rw-r--r--

9. Reboot


Langkah III/Finishing touch (level-easy)

1. Setelah reboot, HH agan akan langsung masuk ke launcher Xperia Home karena udah di-set default/always sebelumnya, jika belum silahkan di set sekarang

2. Coba buka Walkman dan ganti lagu-lagunya, jika warna player ikut berubah sesuai albumart berarti agan udah berhasil aktifin fitur bunglonnya. Jika belum berhasil, cek lagi apa lagu agan punya albumart, jika masih juga gagal, cek lagi poin 1-4 di Langkah II apa agan udah ikutin dengan benar

3. Untuk Widget, pasang widget melalui launcher Xperia Home, caranya: di menu awal launcher sentuh dan tahan layar kosong, lalu pilih widget, terus pilih Walkman (scroll ke bagian ujung kanan)

5. Selamat, Walkman agan sudah punya fitur ColorExtraction dan Widget seperti yang ada di HH Xperia Z2 (Gak lagi unyu-unyu doang tema playernya). Dijamin Max C2 kesayangan kita makin kece, makin betah dipake denger musik lama-lama.
-----------------------------------------------------------------------------------------


UPDATE: Metode CWM Flashable (level-supereasy)

Syarat: sudah root dan pasang cwm

Bahan: https://www.dropbox.com/s/bsz4swyhzk1l28s/KulitManggis.zip

1. Download KulitManggis.zip, letakkan di SDCARD

2. Reboot ke CWM, pilih 'Install Zip' lalu 'Choose zip from /storage/sdcard'

3. Pilih KulitManggis.zip, YES, tunggu beberapa saat

4. Selesai install, reboot HH agan. Kalau mau pakai widget yang ada timing+seekbar pastikan agan pake loncer Xperia Home (di beberapa HH, widget walkman juga muncul di loncer laen tapi versi basic no-timing no-seekbar)

5. SELESAI

Credit to: agan Boby Perkasa Johan Putra yang udah bikinin cwm flashable zipnya


-----------------------------------------------------------------------------------------


Frequently Asked Question (FAQ):

Q: Walkman bentrok sama Dolby gan?
A. Ngga. Malah makin maknyus dengerin musik kalau Walkman kawin sama Dolby. Dengan catatan fitur Snapdragon Audio+ di bagian Sound Enhancement jangan di aktifin (lagian ane rasa ini emang ngga perlu diaktifin).

Q: Walkman emang udah dari sononya bunglon gan!
A: Iye, itu kalau ente pakenya di HH Xperia, bokap ane juga tau. Ini di stock ROM Max C2, sampe firaun bangkit lagi juga ngga bakal bunglon kalo ngga di tweak dulu.

Q: Fitur Music Info juga dapet gan?
A: Maaf belom gan, untuk fitur Music Info, Visualizer, Sound Effect, framework nya lain lagi, entar coba ane liat-liat lagi, kalau udah ade caranye ane share lagi.

Q: Widget Walkman bisa dipake di loncer laen?
A: Sayangnya belom bisa gan, yang ane kasih ini widget walkman asli, kopian dari HH Xperia Z2, jadi cuma work di loncer Xperia Home yang juga loncer asli kopian dari sono. Makanya kalo ngga butuh-butuh amat, poin 5-8 di Langkah II boleh lewatin aje.

Q: Sebabnya apa widget walkman kagak bisa dipake di loncer laen?
A: Tanya ke SONY aja gan...

Q: Rese' lu gan, bikin tutor segala. Lu developer?
A: Bukan gan, ane hanyalah user Max C2 biasa yang pengen HH-nya kece, soalnya pemutar musik bawaan simple-nya kebangetan, ane ngga suka. Kebetulan ane nemuin cara ini ya ane bagi, sukur-sukur banyak yang suka.

Q: Tujuan bikin tutor apa gan? Mau minta pulsa?
A: Biarin mama aja yang minta pulsa gan, ane sih dikasih jempol sama dikasih coret-coret juga udah seneng.

Q: Tutor ente belibet gan, ane maunya yang praktis-praktis aja!
A: ....

Q: Tutor ini bisa work di HH andromax laen gan?
A: Kemungkinan bisa.

Thanks to:
Allah my only god, admin, teman-teman di xda-developer dan khususnya teman-teman user Max C2 di grup ini.

0 komentar:

Posting Komentar